Ambisi Itu Penting Tapi Jangan Belebihan

Ambisi merupakan keinginan seseorang untuk memiliki suatu posisi tertentu dalam karir  berbagai bidang, misalnya posisi dan kedudukan, kesuksesesan dalam bisnis, dan seterusnya.  Tumbuhnya ambisi dalam diri seseorang bersamaan dengan munculnya suatu keinginan akan sesuatu yang lebih baik, terhormat, lebih dari orang lain dan sebagainya.

Orang yang ambisinya besar biasa disebut orang ambisius. Ambisi dalam diri seseorang ada yang wajar/normal, dan ada juga yang berlebihan atau menggebu-gebu. Model ambisi yang kedua kalau kurang pengendalian bisa mengarah kepada ambisi yang negatif, menghalalkan segala cara, sikut kanan sikut kiri yang penting dirinya berhasil.

Dalam kehidupan sehari-hari hal tersebut sering kita temukan di berbagai tempat kegiatan manusia, di kantor, di tempat usaha/dagang, bahkan di lingkungan pemukiman.

Yang terpenting dalam hidup ini ada keseimbangan yang stabil antara keiinginan dan kemampuan, tidak berlebihan. Jangan memaksakan diri untuk mencapai suatu keinginan yang diluar batas kemampuan yang pada akhirya akan menghantarkan seseorang ke jurang kehancuran.

Komentar ditutup.